Selasa, Desember 04, 2007

Tanya Jawab Seputar Dinar Iraq

T: Dimanakah uang Dinar Irak yang baru ini dicetak ?
J : Di cetak di percetakan uang terbesar dunia De la Rue di Inggris, perusahaan security printer terbesar. Banyak negara negara lain yang mencetak uangnya di sini.

T : Bagaimanakah saya memastikan bahwa uang ini Asli ?
J : Banyak cara untuk memastikannya, seperti adanya Watermarks, Benang Pengaman, Color Changing Symbol, Tinta Metalik, dan Gambar/Tulisan UV yang hanya bisa dilihat oleh Sinar Ultraviolet.(alat ini selalu ada di Bank-bank )
Untuk lebih lengkapnya Klik disini

T : Ada berapa jenis pecahan uang kertas yang resmi dikeluarkan?
Pada tanggal 15 Oktober 2003, Bank Central Irak menyatakan sudah mulai beredarnya uang Dinar yang Baru untuk mengganti uang Dinar yang lama.Pecahannya terdiri dari 50, 250, 1.000, 5.000, 10.000, dan 25.000.Untuk lebih meyakinkan Anda, Anda bisa mengklik situs resmi Bank Central Irak (Central Bank of Iraq) www.cbiraq.org

T : Terdapat perbedaan harga antara harga jual Agen Dinar dengan harga resmi curent exchange. Mengapa harganya di MarkUp ?
J : Jika Anda tahu resiko untuk mendapatkan uang ini dengan pergi ke Irak, maka Anda akan memakluminya.Harga di Markup karena adanya pengorbanan resiko untuk pergi ke Irak, waktu, Bank Charges, Website Maintenence dan lain lain.Bayangkan jika Anda harus pergi ke Jordania dan dilanjutkan jalan darat ke Irak ? Seperti yang Anda tahu saat ini kondisi di Irak belum stabil.

T : Mengapa lebih mahal memesan 1 juta Dinar dalam bentuk Collection Set (41.800) dibanding 1 juta Dinar dalam pecahan 25.000 Dinar?
J : 1 juta Dinar pecahan 25.000 hanya terdiri dari 40 Lembar Note Dinar sedangkan bila dalam Collection set jumlah note nya akan bertambah banyak. perbandingannya dengan pecahan 1.000 Dinar saja, maka akan dibutuhkan 1.000 lembar note Dinar untuk mencapai 1 juta Dinar. artinya membutuhkan biaya export import yang lebih mahal belum lagi harus meyakinkan konsumen bahwa pecahan tersebut asli, membutuhkan waktu dan tenaga 25x lipat. Demikian halnya dengan pecahan yang lebih kecil, misalnya 50 Dinar akan membutuhkan 20.000 Lembar Note untuk nilai 1 Juta Dinar.

T : Kapan uang ini bisa ditukarkan ?
J : Pada saat pemerintahan Irak men-set exchange rate untuk dijual bebas di pasaran, Anda bisa pergi ke beberapa Bank International atau Money Changer untuk menukarkannya.

T : Bagaimana jika Irak memutuskan untuk mengubah mata uang mereka lagi?
J : Kemungkinan besar ini tidak akan terjadi. Sangat mahal bagi sebuah negara untuk mengubah mata uangnya, dan jika tidak ada indikasi, ini tidak mungkin terjadi lagi. New Iraqi Dinar telah diterima dengan sangat baik oleh masyarakat Irak, dan telah mempersatukan negara ini di bawah satu mata uang. Terlalu mahal biaya yang ditanggung bank sentral dan pemerintah Irak jika NID ini diganti lagi. Bukan perkara mudah memperkenalkan dan mensosialisasikan NID ini ke rakyat Irak apalagi dalam kondisi perang. Itu belum termasuk NID yang sudah tersebar ke seluruh dunia yang dimiliki oleh para investor yang melihat peluang besar NID ini. Sudah tak terhitung jumlahnya NID yang sudah dibeli para investor dari seluruh dunia. Banyak orang di Irak sangat bangga pada mata uang mereka, karena merefleksikan banyak sejarah dan kekuatan penting di Irak. New Iraqi Dinar juga merupakan suatu pengingat pada mereka bahwa Saddam Hussein telah keluar dari kehidupan sehari-hari mereka. Pada 2004, mereka mulai membuat pecahan yang lebih kecil, juga koin, untuk mendorong semakin meningkatnya nilai tukar NID. Ini juga merupakan suatu konfirmasi tentang komitmen jangka panjang mereka terhadap mata uang ini.

T : Kira-kira Bank apa yang mau menerima penukaran IQD/NID ini?
J : Bank Internasional yang sudah masuk Irak dan punya cabang di Indonesia adalah Hongkong Shanghai Bank Corporation (HSBC) dan Standard Chartered Bank. Kedua Bank inilah yang berpeluang besar menerima penukaran IQD pada tahap awal (konversi ke US$ dulu baru dikurskan ke Rp). Setelah itu baru disusul Bank-bank lain dan Money Changer. Syukur-syukur kalau pada tahap awal, IQD ini sudah bisa ditukarkan di Bank-bank lain dan Money Changer. Itu harapan kita semua.

T : Bagaimana kalau di kota saya tidak ada Bank HSBC dan Standard Chartered?
J : Jika anda sudah tidak sabar ingin mencairkan Dinar Irak Anda, mau tidak mau Anda harus mencari informasi dimana ada cabang HSBC dan Standard Chartered terdekat dari kota Anda. Tapi jika Anda mau bersabar, silakan tunggu sampai Bank-bank lain atau Money Changer menerima penukaran IQD. Jika tidak ada cabang HSBC dan Standard Chartered sama sekali di kota anda atau yang terdekat, jalan terakhir adalah Anda harus mencairkan sendiri di kantor pusat HSBC dan Standard Chartered di Jakarta, Bandung, Surabaya,Medan atau kota-kota lainnya

T : Bagaimana meyakinkan konsumen saya bahwa Dinar Irak ini benar-benar telah dapat diperjualbelikan walaupun belum diperdagangkan secara resmi di Bank-bank atau money changer?
J : Seperti ibarat membeli saham sebelum go publik, jadi kita telah memiliki dinar sebelum dilisting di pasar uang global. begitu dilisting kita tinggal mencairkannya dan mendapatkan untung.(harapan kita)

T : Mengapa saat ini saya tidak dapat membeli New IQD melalui bank international atau Money Changer?
J : Bank-bank internasional atau money changer belum dapat menyediakan New IQD, karena New IQD belum termasuk dalam mata uang yang diperdagangkan saat ini, dikarenakan nilai tukarnya yang masih lemah. Saat nanti tingkat nilai tukarnya telah menguat dan ditetapkan secara resmi, Anda akan dapat memperolehnya pada Bank-bank Internasional atau money changer.

T : Bagaimana saya dapat mengikuti nilai pertukaran Dinar IQD/NID?
J : Anda dapat menemukannya pada keterangan perubahan nilai tukar mata uang pada website Bank Central Irak
(Central Bank of Iraq) di www.cbiraq.org atau klik disini atau klik kanan save link as untuk mendownload file pdf-nya.

T : Berapa lama waktu yang dibutuhkan hingga tingkat nilai tukar yang resmi ditetapkan meningkat misalnya pada posisi 1Dinar = 1US$?
J : Sebelumnya, semua pengamat ekonomi memperkirakan ini akan terjadi pada tahun 2006. Tetapi pada kenyataannya, itu tidak terjadi. Waktu yang dibutuhkan mungkin beberapa hari, atau beberapa tahun lagi! Inilah mengapa kita perlu bersabar, dan dalam jangka waktu ini kita manfaatkan dengan membeli Dinar sebanyak mungkin!! karena jika sudah ditetapkan pada nilai tersebut, anda akan mendapatkan harga beli IQD ini sangat mahal bisa 10 sampai 20 kali lipat karena banyak orang yang akan mencari IQD ini dan otomatis stok di pasaran akan menipis. Mumpung harganya masih murah dan belum banyak yang tahu, tak ada salahnya memilikinya dari sekarang.

T : Kalau Anda beranggapan investasi Dinar Irak adalah investasi terbaik dengan peluang hasil yang menggiurkan, mengapa Anda tidak menyimpannya sendiri?, mengapa Anda menjualnya?
J : Saat pertama kali saya mendengar tentang investasi Dinar ini yang ingin saya lakukan adalah membelinya semampu saya namun yang dapat saya beli sangatlah terbatas. Setelah saya pertimbangkan dengan matang, saya berpikir jika seandainya harga Dinar ini benar-benar berlipatkali ganda hanya saya sendiri dan beberapa orang saja yang menikmatinya, mengapa tidak saya bagikan dengan orang lain sehingga bisa bersama-sama merasakan hasilnya kelak dan tentu saja dengan sedikit keuntungan supaya saya dapat menambah Investasi Dinar pribadi saya. : )

T : Moment penting apa yang ditunggu yang dapat menguatkan nilai Dinar secara signifikan?
J : Moment yang paling dekat adalah Pergantian Presiden Amerika dengan harapan pemerintahan yang baru memiliki politik luar negeri yang lebih mendukung kemajuan di Irak. Moment kedua yang paling dinanti yaitu realisasi dari target Menteri keuangan Irak sendiri 1 Dinar = 1 Dolar US

IQD = Iraqi Dinar
NID = New Iraqi Dinar

Anda Punya pertanyaan yang belum terjawab, hubungi PH. 081330893103 atau di email ke ummu_harits@yahoo.co.id dan saya Ibu Ita Arianto akan dengan senang hati menjawab setiap pertanyaan Anda. Terima kasih.

MULAI HARI JUM'AT TANGGAL 14 NOV 2008, KAMI MEMBUKA LAYANAN PEMBELIAN DINAR IRAQ

Dengan adanya permintaan dari Investor Dinar Iraq di Indonesia yang menginginkan adanya Fasilitas Layanan Pembelian Dinar Iraq dari kami, maka Situs kami berusaha untuk memfasilitasi hal ini dengan mempertemukan antara Penjual & Pembeli Dinar Iraq di Indonesia. Semoga layanan ini dapat membantu rekan - rekan Investor.

Syarat – syarat Lembaran Dinar Iraq yang kami terima adalah :

  1. Asli (Lolos dari Money Detector Device / Scanner Uang Kami)

  2. No Seri Urut

  3. Baru & belum pernah digunakan untuk transaksi jual beli (New Uncirculated)

  4. Tidak terlipat

  5. Kami mengutamakan Dinar Iraq yang sebelumnya beli dari kami

Info dan penawaran lebih lanjut silahkan hubungi saya Ibu Ita Arianto di Ph. 081330893103.

Semoga layanan ini bisa memperkuat kerjasama dan kepercayaan di antara Seluruh Investor Dinar Iraq di Indonesia.

Terima kasih.